Khasiat Ling Zhi Untuk Obat Kanker, Tumor, Dan Luka Luar

Efek herbal:

Ling zhi berperan sebagai antineopastik, kardiovaskular, dan antibiotik. Sebagai antineoplastik ling zhi menunjukkan efek meningkatkan imunitas/ kekebalan, mendorong aktivitas makrofak dan T-limfosit. la meningkatkan produksi sitokin, interleukin, dan interferon dalam tubuh. Sebagai kardiovaskular ling zhi mengatasi tekanan darah rendah dan menjaga kestabilan kontraksi otot jantung. Ling zhi sebagai antibiotik bekerja dengan menghambat pertumbuhan beberapa patogen asing (E.coli, Pseudomonas spp, Streptococci A, Staphylococci, dan Pneumococci) dan menunjukkan aktivitas antibakteri.

Empiris:

Ekstrak ling zhi diperoleh dari jamur dewasa umur 90 hari. Sedangkan miselium ling zhi merupakan ekstrak yang diproses dari bawah tudung jamur berusia 18 hari. Menurut dr Paulus Wahyudi Halim, dokter dan herbalis di Serpong, Tangerang, ling zhi mengandung polisakaricla. Senyawa aktif dalam jamur itu dikenal sebagai pembangun imunitas tubuh. Saat imunitas meningkat, nutrisi akan bekerja memperbaiki sel rusak di dalam tubuh. Konsumsi rutin dalam tubuh akan merangsang produksi interferon I dan II sebagai antikanker. Secara alami tubuh juga menghasilkan kedua senyawa itu, namun konsumsi ling zhi mendorong produksi berlipat.

Menurut Paulus khasiat ganoderma makin lengkap dengan adanya senyawa triterpenoid seperti ganoderat. Triterpenoid ampuh melenturkan otot polos pembuluh darah dan memperbaiki viskositas alias kekentalan darah. Ini artinya reishi mencegah koagulasi atau penggumpalan darah, merangsang sirkulasi darah, sekaligus mengurangi trigliserida dan low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat. Dengan serangkaian kegunaan itu tidak heran jika banyak bukti empiris reishi mengatasi dan mencegah ancaman penyakit jantung koroner, atherosklerosis, stroke dan penyakit gangguan peredaran darah lainnya.

Menurut Paulus, ling zhi juga berperan sebagai antipenuaan lantaran fungsinya memperbaiki aliran darah dan meningkatkan distribusi nutrisi ke kulit. Khasiat antioksidan membersihkan racun dari tubuh dan memperbaiki jaringan kulit. Itulah sebabnya orang yang mengkonsumsi jamur ini terlihat awet muda.

Namun ling zhi bukan obat sempurna. Setidaknya menurut dr Sidi Aritjahja. herbalis di Yogyakarta, ling zhi bersifat neovaskular, memicu pembentukan pembuluh darah baru. Efek ini ada berdampingan dengan khasiat obat. Jika setelah interaksi dengan penyakit efek kardiovaskular lebih besar, makin besar peluang penyebaran penyakit. Atas dasar itu menurut Sidi, penyakit yang kurang cocok diatasi dengan ling zhi adalah kanker dan jantung koroner.

Pada penderita jantung, penambahan pembuluh darah baru akan meningkatkan aktivitas jantung. Lama-kelamaan kerja jantung makin berat. Untuk mengurangi efek neovaskularis, pemakaian ling zhi bisa dikombinasikan dengan jintan hitam dalam pengobatan kanker. Efek neovaskularis justru diharapkan bagi penderita stroke. Penyakit ini muncul akibat penyumbatan pembuluh darah.

Hartono Chong, herbalis di Roxy, Jakarta, memakai ling zhi untuk mengobati kanker akibat mutasi gen. Jamur kayu ini tokcer meningkatkan oksigen dalam tubuh sehingga darah enter, peredaran lancar, kondisi kesehatan pasien membaik.

Bukti lain kemujaraban ling zhi juga terbukti saat menghadapi vertigo, sakit kepala yang disebabkan terganggunya keseimbangan tubuh. Ada beberapa pencetus vertigo: gangguan pada otak kecil, kekurangan pasokan oksigen ke otak, radang telinga dalam, infeksi virus pada labirin, bakteri di gendang telinga, dan pengaruh obat-obatan jenis tertentu. Jika sedang kambuh penderita vertigo akan merasa benda-benda di sekitarnya berputar, mual, muntah, pandangan berbayang, dan tidak fokus.

Hartono menduga gejala mirip vertigo terjadi saat suplai oksigen ke otak berkurang akibat pengentalan darah. Darah yang mengental hanya mengandung sedikit oksigen. Akibatnya fungsi otak menurun dan muncul rasa sakit. Ling zhi berefek mengencerkan darah sehingga lebih banyak oksigen yang terlarut. Menurut dr Sidi Aritjahja, herbalis di Yogyakarta, ling zhi dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru. Semakin bertambah jumlah pembuluh, semakin banyak oksigen yang diangkut ke otak.

Senyawa aktif:

Ganoderic acid, lucidenic acid, ganoderma acid, gan-odosterone oleic acid. Polisakarida, triponopoid, komponen asam nukleat, dan asam amino organik.

Resep:

1. Kanker

Sebanyak 5-30 g ekstrak ling zhi diminum setiap hari.

2. Memperbaiki kondisi tubuh

Konsumsi 5 —10 g ekstrak ling zhi setiap hari.

3. Tumor

Sebanyak 1 sendok makan atau setara 8 g serbuk ling zhi direbus dalam 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Angkat, dinginkan, lalu saring. Jika tumor atau kanker masih ada dalam stadium awal air rebusan diminum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas. Jika sudah stadium lanjut dosis bisa ditingkatkan menjadi 3 kali sehari.

4. Obat luar untuk luka

Enam kapsul ekstrak ling zhi ditaburkan di atas luka, frekuensinya 1 kali sehari. Hasilnya rata-rata bisa dilihat seminggu kemudian, luka mengering dan lebih bersih.

Sumber: Herbal Indoneesia Berkhasiat (Trubus Info Kit)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s