Roti Jala

Mencari-cari literatur mengenai roti jala, saya menjadi agak bingung juga tentang negara asal si roti. Beberapa menyatakan bahwa makanan ini berasal dari India, Tamil tetapi kemudian populer di Malaysia dan Indonesia. Bahkan di Malaysia roti ini sangat terkenal disana serta berakar kuat di kuliner Melayu – Malaysia. Di Indonesia sendiri, roti jala hanya dikenal di beberapa daerah saja, terutama di Aceh. Di Palembang, makanan yang mirip-mirip dengan roti jala, dinamakan ragit. Baik roti jala maupun ragit sama-sama dimakan dengan kuah kari sebagai cocolannya.
Membuat roti jala sangat mudah, bahan yang dipergunakan pun kemungkinan besar tersedia di dapur anda. Roti jala terbuat dari tepung terigu yang diencerkan dengan air atau santan  dan ditambahkan telur dan garam. Adonan yang terbentuk sangat encer, kemudian dengan menggunakan wadah dengan ujung yang bercorong, adonan di dadar dengan membentuk pola jala yang berlubang-lubang. Roti jala ini mirip dengan crepes, rasanya asin dan gurih, bedanya adalah jika crepes biasanya dinikmati dengan saus yang manis maka roti jala umumnya disantap dengan kari kambing atau ayam.
Nah, ketika saya membuat kari ayam nanas kemarin, saya sekalian membuat roti jala untuk melengkapinya. Anda bisa klik disini untuk melihat resep kari ayam nanas. Memang tidak salah, roti yang gurih dan asin ini pas untuk dicocol dengan kuah kari yang kental.
Berikut resepnya ya.
Roti Jala
Resep diadaptasikan dari Buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Masa – Roti Jala Aceh
Bahan:
– 150 gram tepung terigu protein sedang
– 1/2 sendok teh garam
– 2 butir telur ayam
– 300 ml air
Cara membuat:
Siapkan mangkung ukuran sedang, masukkan tepung terigu, garam dan telur ayam, tambahkan air. Dengan menggunakan spatula atau baloon whisk aduk dan kocok adonan hingga larut dan menjadi adonan  yang halus.
Saring adonan menggunakan saringan dengan lubang agak besar.
Masukkan adonan ke dalam wadah bercorong (botol saus dengan ujung runcing panjang) atau menggunakan plastik segitiga seperti saya.
Siapkan wajan datar anti lengket, oleskan sedikit minyak/margarin, panaskan dengan api kecil. Dadar adonan dengan bentuk menyilang atau kotak-kotak seperti jala. Karena adonan sangat encer maka cukup sulit bagi saya membuat motif yang rapi.
Biarkan adonan hingga matang, berwarna kuning keemasan. Tuangkan lembaran roti ke wadah datar (piring), lipat jadi empat kemudian lipat menjadi dua berbentuk segitiga. Atau lipat jadi dua dan gulung lembaran roti. Semua terserah kreatifitas anda.
Lakukan hingga semua adonan habis. Sajikan roti jala dengan kari ayam nanas. Sedap!
Source:
Buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Masa – Roti Jala Aceh
http://justtryandtaste.blogspot.com/2011/03/roti-jala.html

Cerita Liburanku

BERLIBUR DI PANTAI CARITA

Pada liburan semester kemaren tepatnya setelah hari raya Idul fitri tanggal tanggal 2 Agustus 2011 saya dan keluarga berlibur kepantai carita selama 3 hari. Pantai Carita adalah sebuah pantai di pesisir barat provinsi Banten, Indonesia.

Saya sekeluarga menginap di villa keluarga, nama villa ini “ villa karakatau”. Villa ini selain untuk keluarga berlibur juga disewakan untuk masyarakat umum. Villa ini berbentuk rumah adat, dari rumah aceh, minahasa, badui, Jakarta. Harganya permalam sekitar Rp 1.500.000 – Rp 1.800.000 permalam.  Untuk rumah Minahasa bisa tempati sekitar 30 orang, Rumah Aceh bisa ditemapti 20 orang dan rumah Badui bisa ditempati sekitar 10 orang. Fasilitas villa ini sudah ada dapur beserta peralatannya lainnya, kamar ber AC, TV kabel Indovision, kulkas, kamar mandi 2 dan masih banyak lagi fasilitas yang mendukung.

Saya tiba di villa sekitar pukul 1 malam, Jadi kita pun samapi langsung istirahat. Sekitar pukul 5 pagi kita semua bangun, dan melakukan aktivitas. Pagi hari Ibu saya memasak nasi goring, sedangkan kami yang muda-muda pada jalan pagi. Ketika makanan jadi kami pun balik ke villa dan sarapan. Selesei sarapan,  ada tukang tato temporrer keliling yang datang kevilla kami untuk menawarkan tato. Tato ini hilang  selama 1 minggu. Harganya mulai dari Rp 10.000 – Rp100.000. Tergantung dengan besar kacilnya. Adik saya pun mencoba membuat tato tersebut.

Sekitar pukul 10.00 pagi saya dan saudara-saudara saya  main banana boot. Harga perorang nya untuk sekali naik Rp 30.000. rata-rata kita naik  2 kali perorang, soalnya kalo sekali bentaran baget.  Ohya, . Divilla ini ada pohon kelapa nya juga. Ada kelapa ijo dan kopyor, Setelah main banana boot, kita meminta kepada penjaga villa untuk mengambil kan  kelapa muda yang ada di pohon. Rasanya nikmat banget panas-panas apa lagi baru mandi laut terus minum es kelapa muda yang asli.

Sekitar pukul  3.00  sore   Saya sekeluarga juga mengahbiskan liburan dengan naik kapal kepasir putih. Dan juga belanja kepasar tradisional untuk membeli ikan , cumi, udang dan  ayam untuk di bakar di malam hari.

Malam hari sekitar pukul 7.00.  saya sekeluarga makan malam. Makan malam nya lumayan banyak dibuat, soalnya saya sekeluarga juga berbagi dengan 3 orang penjaga villa yang sudah berkeluarga disana.  Kami  membakar ikan,cumi,udang dan ayam,  serta juga membuat sambel kecap , sambel terasi, dan lalapan untuk tambahannya.  Rasanya nikmat banget makan di pinggir pantai dengan angin laut dimalam hari yang kencang. Bawaanya nggak mau berhenti makan. Hheee 😀

Setelah selesei makan, kita pun bergadang dengan main kartu sambil ngeteh, ngopi dan ngemil. Kita mulai tidur sekitar pukul 2.00 malam.  Kegiatan yang saya dan keluarga lakukan hampir sama selama 3 hari disana. Iya begitu aja.

Biasanya saya berlibur ke pantai carita hampir tiap tahun sekali ketika tahun baru. Tapi, berhubung sekarang saya dan kakak kuliah, libur tahun baru sangat singkat Cuma 1hari. Jadi, kami sekeluarga sering pergi kecarita kalo saya lagi liburan semester genap. Karena waktu nya yang  agak panjang.

 

 

  • Laman

  • Klik tertinggi

    • Tidak ada
  • kalender

    November 2011
    S S R K J S M
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Top Rating

  • Blog Stats

    • 170.507 hits
  • Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

    Bergabung dengan 3 pelanggan lain
  • twitter